Menikmati Liburan Murah Di Gunung Prau

Salam Indonesia, kali ini saya akan menyuguhkan kecantikan dan potensi wisata alam Gunung Prau Dieng. Siapa sih yang tidak kenal dengan yang satu ini ?? Gunung Prau merupakan salah satu jalur pendakian yang efektif loh. Akhir-akhir ini peminat yang ingin melakukan pendakian semakin meningkat. Apalagi untuk para pecinta alam yang suka hiking dari gunung satu ke gunung lainnya. Kenapa harus ke gunung prau ?? pertanyaan yang sangat bagus sahabat. Jawaban dari pertanyaan ini akan membawa kita untuk menggali potensi gunung prau. Lets go ..!!

Gunung prau merupakan salah satu pegunungan terbesar di Kawasan Dieng Plateau. Gunung prau mulai dikenal pada awal tahun 2014 lalu. Gunung ini memiliki ketinggian 2566 mdpl dan secara astronomis terletak pada 7o 11’13’’ LS dan 109o 55’ 22’’ BT. Gunung ini tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan gunung yang lainnya seperti Gunung Sindoro ataupun Sumbing, tetapi gunung ini mampu menarik ribuan wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang. Banyak pendaki atau wisatawan yang berbondong-bondong untuk mendaki gunung prau, apalagi saat hari libur panjang tiba. Disana terdapat 2 jalur pendakian yaitu jalur utara dan jalur selatan. Jika melewati jalur utara pendaki hanya membutuhkan waktu jarak tempuh perjalanan kurang lebih 6 jam. Sedangkan melewati jalur selatan membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam. Jalur yang dilalui jika melewati jalur selatan yaitu melewati Desa Patakbanteng dan melewati jalur Dieng. Jika melalui Desa Patakbanteng waktu yang ditempuh lebih singkat tetapi jalurnya cukup terjal, sedangkan jalur Dieng lebih aman dan santai.
Wisata Alam Gunung Prau Dieng
Gunung Prau Dieng
Disana kita juga bisa menyaksikan secara langsung keagungan Tuhan , karena Gunung Prau menyuguhkan keindahan alam dari ketinggian seperti Telaga Warna Dieng, Bukit Teletubies dan hamparan bunga yang sangat indah dan mempesona. Disana juga sering dijadikan tepat untuk berburu golden sunrise. Apa sih yang menjadi daya tarik gunung prau??? Barisan gunung sumbing, gunung sindoro, gunung slamet, gunung merapi dan gunung merbabu menjadi tambahan daya tarik tersendiri bagi kawasan gunung prau. Terdapat pula barisan bukit teletubis. Mengapa dinamakan Bukit Teletubis??? Kalian tentunya ingat dengan acara TV program anak-anak jaman dulu, “Teletubies” itu loh. Bukit disana dengan bukit yang ada di acara TV itu hampir sama kan. Bukit-bukit yang berlekuk berwarna hijau segar, sangat indah dan cocok untuk dinikmati apalagi untuk sekedar narsis.
Wisata Alam Gunung Prau Dieng
Wisata Alam Gunung Prau
Ada juga taman bunga di puncak prau.  Jelang musim kemarau, yang tadinya semak dan rerumputan kini berubah menjadi hamparan Bunga Daisy. Gunung prau juga dipenuhi dengan flora dan fauna yang unik seperti binatang owa jawa, macam kumbang, rusa serta burung elang jawa. Sedangkan flora yang yang berada di kawasan Gunung Prau yaitu bunga edhleweis,bunga kantong semar,bunga daisy dan beberapa macam anggrek yang menempel pada pohon lainnya.

Dan ini yang paling ditunggu-tunggu oleh para pendaki. Apa sahabat Indonesia tahu apa yang dimaksud ditunggu-tunggu itu ?? Yaa, sunrise dan sunset lah yang ditunggu-tunggu. Keindahan warna langit jelang pergantian hari tersebut selalu menciptakan keindahan tersendiri. Peristiwa terbit dan tenggelamnya matahari inilah yang ditunggu-tunggu. Mereka akan sangat kecewa bila melewatkan moment ini.

Dan yang terakhir, gunung prau dapat menjadi destinasi utama bagi para wisatawan untuk menikmati keindahan alam dan Keagungan Tuhan yang diciptakan untuk kita semua.

Selamat mencoba dan menikmati keindahan yang ada pada Gunung Prau. Semoga bermanfaat dan menambah rasa cinta kita terhadap Indonesia.

Author : Rp. Yuliana

Baca artikel terkait :
·              Monument Meteorit Pertama di ASIA
·              Agrowisata teh tambi
·              Wisata Alam Posong

Kata kunci : gunung prau, liburan murah, puncak prau, potensi gunung prau, jalur pendakian gunung prau, mount prau, summit of mount prau.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menikmati Liburan Murah Di Gunung Prau"

Post a Comment