Wisata Alam Posong

Posong merupakan sebuah lokasi tempat wisata baru yang sedang dikembangkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Temanggung Jawa Tengah dan dibantu oleh beberapa kelompok masyarakat sekitar. Kawasan ini berada di Lereng Gunung Sindoro, terletak di ketinggian kurang lebih 2000 mdpl.

Daya tarik utama tempat ini adalah pemandangan alam dan keindahan matahari terbit atau dalam bahasa sekarang ( gaul ) yaitu Sunrise. Selain menyuguhkan wisata alami yang menawan, dipagi hari  kita juga bisa menikmati keindahan sunrise yang muncul diantara himpitan gunung-gunung juga hamparan lahan pertanian tanpa ada rumah penduduk yang membuat angin bertiup sepoi-sepoi sehingga suasananya benar-benar menyatu dengan alam. Dan yang spektakulernya lagi, disini menyuguhkan pemandangan gunung  yang mengelilingi posong seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing , Gunung Merapi , Gunung Merbabu , Gunung Andong dan Gunung Ungaran. Untuk bisa sampai kesana, kita hanya menempuh jarak sekitar 3,5 km dari pinggir jalan Desa Tlahap. Melalui jalan trasahan batu kita bisa menggunakan kendaraan seperti motor, mobil ataupun jalan kaki bagi pengunjung yang memang suka jalan-jalan. hehee       
Tempat wisata alam posong temanggung jawa tengah
Wisata Alam Posong
Hal lain yang menarik di sekitar posong  yaitu pemandangan “watu kelir”  yaitu berupa deretan tebing batu sepanjang 400 meter dan juga “Watu Mlongso” yaitu sungai berdasarkan batu besar yang dipercaya dulunya terbentuk dari hasil erupsi Gunung Sindoro. Karena daerah posong tempatnya cukup tinggi dan asri, maka banyak sekali para pecinta alam yang bermalam di sana untuk menikmati Campingnya dan juga melihat secara langsung Galaxi Bima sakti yang tampak jelas karena minimnya polusi cahaya di tempat ini.

Sungguh pemandangan yang sangat indah, apabila anda memiliki hobi fotografi, anda pasti tidak akan menyia-nyaiakan waktu untuk memburu keindahan suasana disana. Atau bagi kalian yang suka narsis, pasti kalian tidak akan melewatkan setiap moment untuk berfoto ria :D

Asal usul posong sendiri menurut sumber kata “POSONG” berasal dari 2 kata, yaitu pos dan kosong. Haaaa !!! Kok bisa ? Mengapa demikian ??? mari kita ulas kembali ceritanya ….
Menurut Zuniyanto dari pecinta alam Jogokerso (cerita ini menyangkut antara Pangeran Diponegoro dengan pasukan Belanda). Ketika Pangeran Diponegoro sudah terdesak di Magelang dan Temanggung, banyak tentara yang mendirikan pos gerilya di lereng Gunung. Salah satunya di Lereng Gunung Sindoro diatas Desa Tlahap. Karena pos ini sangat penting, maka Belanda dan pasukannya merencanakan untuk menyerang pos yang berada diatas Desa Tlahap. Ketika pasukan Belanda sudah mengepung pos tersebut, ternyata pos tersebut sudah kosong, karena sudah ditinggalkan oleh para tentara Pangeran Diponegoro, maka pasukan Belanda hanya menjumpai pos yang kosong . Dengan demikian jadilah nama tempat tersebut POSONG.

Seiring berjalannya waktu, wisata alam posong kini sangat ramai dikunjungi para wisatawan local maupun mancanegara. Di sana sudah tersedia berbagai fasilitas seperti; tempat parkir, trekker, mushola, outbound, MCK dan lain-lain, selain itu anda juga dapat memilih paket wisata posong antara lain turun tebing, trecking, flying fox, jembatan aldewis dan paket wisata budaya.

Tempat ini cocok sekali untuk liburan keluarga dan juga wisatawan yang berasal dari kota, karena di posong mereka akan merasakan suasana yang berbeda,, udara yang sejuk, nyaman, dan bebas dari polusi maupun kebisingan. Tempat yang menarik bagi para pasangan juga loh, ngobrol dan becanda sambil menikmati keindahan alam. Asyiiiiik dong.
wisata alam posong
Keindahan Alam di Posong
Jika kalian penasaran dengan wisata posong, langsung saja datang ke lokasi tempat wisatanya. Dijamin tidak akan menyesal hehe..

Sampai di sini dulu yah informasi tentang Wisata Alam Posong, tunggu informasi selanjutnya tentang wisata lain yang ada di Indonesia. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi dan menambah rasa cinta kita terhadap Indonesia. Terima kasih sudah mampir di web kami.

Author : Rp. Yuliana

Baca artikel terkait :
·         Batik Klasik Indonesia

Kata kunci : tempat wisata, wisata alam, posong, wisata alam posong, nature tourism posong.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Wisata Alam Posong"

  1. Tempat yg bagus untuk dikunjungi, tapi jagan hanya posong yg dikunjungi, blog saya juga perlu dikunjungi,,, hehe
    http://cris-terlengkap.blogspot.in/2015/08/jalur-pendakian-gunung-sindoro.html

    ReplyDelete