Wisata Alam Ketep Pass

Destinasi Wisata Alam Ketep Pass. Selamat pagi sahabat Indonesia. Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengetahuan tentang tempat wisata di Kota Magelang, Jawa Tengah. Kalian tahu Ketep Pass? Ketep Pass merupakan salah satu obyek wisata di daerah Ketep, Desa Sawangan, Kota Magelang, Jawa Tengah. Ketep pass merupakan tempat wisata pegunungan  yang indah dan asri. Tempat ini diresmikan pada tenggal 17 Oktober 2002.

Lokasi wisata  ini berada di puncak bukit sawangan, berada di ketinggian 1200 mdpl dan luas wilayahnya sekitar 8000 m2 . Tempat ini berjarak 30 km dari Kota Magelang, 17 km dari Desa Blabak ke arah timur, 21 km dari Mungkid dan 30 km dari Candi Borobudur. Perjalanan untuk menuju ke tempat ini sangat mudah dijangkau, baik menggunakan kendaraan pribadi, minibus maupun bus besar ( bus pariwisata).

Fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap, antara lain : museum vulkanologi, teropong pelataran panca arga, gardu pandang, Vulkano teather, mushola dan juga restoran. Keistimewaan dari tempat ini yaitu para pengunjung dapat menyaksikan langsung keindahan pemandangan gunung yang yang saling berdampingan seperti gunung merapi, gunung merbabu, gunung sindoro, gunung sumbing, gunung andong, gunung tidar dan pegunungan menoreh.

·       Museum Vulkanologi
Museum ini memiliki luas sekitar 550 m2 yang didalamnya terdapat miniatur gunung merapi, poster puncak garuda dengan ukuran 3 x 3 meter, komputer interaktif yang didalamnya berisi dokumen kegunung apian, poster peringatan dini lahar gunung merapi dan beberapa contoh batuan akibat letusan gunung dari setiap kejadian.

·       Teropong Pelataran Panca Arga
Lokasi ini merupakan objek tertinggi di kawasan ketep pass. Dengan teropong ini, para pengunjung dapat menyaksikan secara jelas kecantikan pemandangan gunung-gunung yang berada disekitarnya. Dari sini para pengunjung dapat menyaksikan 5 gunung sekaligus, mulai dari gunung Merapi, gunung Merbabu, gunung Sumbing, gunung Sindoro dan juga gunung Slamet. Bukan hanya itu saja, dilengkapi juga dengan keberadaan gunung-gunung kecil dan juga bukit –bukit yang sangat menawan seperti gunung Andong, gunung Tidar, gunung Pring dan juga bukit Telomoyo, bukit Menoreh, dan lain lain.
Teropong panca arga
Teropong
·       Gardu Pandang
Tempat ini disediakan untuk menikmati  keindahan alam yang tersaji disekitarnya, sambil menikmati jajanan yang ditawarkan oleh pedagang di sana.

·       Vulkano Teather
Tempat ini berupa sebuah gedung dimana para pengunjung dapat menonton film tentang aktivitas gunung merapi mulai dari terjadinya gunung merapi, jalur pendakian, penelitian saat di puncaknya serta dahsyatnya letusan gunung Merapi.

·       Mushola
bangunan ini memiliki luas kurang lebih 10 m2 dengan bangunan yang lengkap serta bentuknya yang artistik.

·       Restoran
Di tempat ini para pengunjung dapat beristirahan sambil menikmati hidangan yang sudah disediakan sesuai selera.

keindahan pemandangan ketep pass
Pemandangan dari Puncak Ketep
Ketep Pass berfungsi sebagai sarana rekreasi, hal ini bisa dilihat dari adanya Gardu Pandang dan Teropong pelataran Panca arga. Selain berfungsi sebagai sarana rekreasi, tempat ini juga sering dijadikan tempat penelitian. Mengapa penelitian? karena tempat ini biasa untuk melakukan pengamatan aktivitas gunung merapi. Dan yang terakhir sebagai sarana edukasi, terbukti adanya Museum Vulkanologi dan juga Vulkano Teather.  

Author : Rp. Yuliana

Baca artikel terkait;
·      Candi Liyangan

Kata kunci : wisata magelang, bukit ketep, museum vulkanologi, fasilitas bukit ketep, lokasi wisata ketep, vulkano teather.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Wisata Alam Ketep Pass"

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Wisata Alam Ketep Pass.Benar benar sangat bermamfaat dalam menambah wawasan kita menjadi mengetaui lebih jauh mengenai tempat wisata di indonesia.Saya juga mempunyai artikel yang sejenis mengenai indonesia yang bisa anda kunjungi di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak sama-sama, terimakasih juga sudah berkunjung ke web saya :)

      Delete