Wedang Ronde

Apa kabar sahabat indonesia? Resep Wedang Ronde. Pada musim seperti ini tentunya sangat pas meminum minuman hangat yang bisa mengahangatkan badan dan suasana bukan? Memang pada saat di siang hari kita lebih berselera meminum yang segar dan dingin, tapi jika sudah menginjak sore dan malam hari yang dingin, tentu minuman hangat menjadi menu kita. Nah salah satunya adalah minuman yang memiliki nama kejawa-jawaan yaitu “Wedang Ronde. Mungkin anda pernah mendengar nama ini atau mungkin masih bertanya-tanya apa sih wedang ronde itu?

Dari berbagai sumber yang saya temukan, ada yang mengatakan wedang ronde berasal dari Cina dan ada juga yang mengatakan bahwa wedang ronde merupakan minuman tradisional asli Jawa. Kata “wedang” dalam bahasa jawa berarti minuman dan “ronde” adalah adonan yang berasal dari tepung beras yang berbentuk bulatan-bulatan. Hasil adonan tersebut dipadukan dengan air jahe yang masih panas. Untuk menambah aroma serta penampilan yang menarik, wedang ronde bisa ditambah dengan bahan lain. Di bawah ini saya akan memberi sedikit resep rahasia untuk membuat wedang ronde.
Bahan Ronde
·           150 gram tepung ketan putih
·           ¼ sdt garam
·           135 ml air hangat
·           Tetes pewarna secukupnya

Bahan isi
·           50 gram kacang tanah sangrai
·           25 gram gula pasir
·           ½ sdt garam

Bahan pelengkap
·           200 gram kolang kaling
·           25 gram sagu mutiara
·           3 buah roti tawar tanpa kulit
·           Emping secukupnya

Cara membuat
1.      Pertama blender kacang tanah, gula pasir dan garam untuk isinya, kemudian bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil.
2.      Kedua buat rondnya, campur tepung ketan dengan garam. Tambahkan sedikit air hangat sambil diuleni hingga halus.
3.      Kemudian bagi adonan menjadi 3 bagian dan tambahkan tetes pewarna secukupnya, beri warna sesuai selera anda.
4.      Ambil sedikit bahan ronde dan beri dalamnya isis kacang tanah yang sudah dibentuk. Bentuklah ronde menjadi bulatan-bulatan sedang. Lakukan sampai adonan habis.
5.      Selanjutnya siapkan air di dalam panci, didihkan air tersebut dan masukkan bulatan-bulatan ronde. Rebus hingga ronde mengapung. Angkat dan tiriskan.
6.      Untuk membuat sirup jahe siapkan ar dan rebus air tersebut dengan ditambah gula pasir, jahe/pandan dan serai dengan api kecil hingga mendidih dan beraroma.
7.      Terakhir, sajikan ronde dengan bahan pelengkap dan sirup jahe.

Taraa, kini wedang ronde yang biasa anda nikmati di warung bisa anda buat sendiri dan menikmatinya bersama keluarga di rumah. Selamat mencoba, semoga Resep Wedang Ronde ini cukup membantu anda. Tunggu update resep minuman khas indonesia yang lain, Salam Indonesia.

Oleh : Durotun Nafisah

Baca artikel terkait :
·         Nasi Tumpeng
·         Batik Klasik
·         Wisata AlamPosong

Kata kunci : resep, cara membuat, wedang ronde, cara membuat wedang ronde, resep wedang ronde, recipe makes wedang ronde.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wedang Ronde"

Post a Comment