Resep Rendang Daging, Masakan Indonesia

Resep Rendang Daging, Masakan Indonesia. Apa kabar sahabat Indonesia? Sumatra memang terkenal dengan harimau dan Rendang. Kuliner yang satu ini merupakan masakan khas dari daerah Minangkabau yang mendunia. Masakan Rendang telah menjadi tradisi yang selalu dihidangkan dalam berbagai acara adat. Saat ini cita rasa rendang sudah dikenal oleh masyarakat dunia. Wah wah.. Sangat spektakuler ya sahabat Indonesia? Hal itu dibuktikan dengan dijadikannya rendang sebagai makanan paling enak di dunia. 

Apakah sahabat Indonesia tahu asal-usul makanan yang berhasil menjunjung tinggi nama Indonesia ini? Mari kita simak ulasannya.
 
Masakan Indonesia
Rendang
Masakan rendang sebagai kuliner khas Minangkabau ternyata ditulis pada awal abad ke-19, namun menurut sejarawan rendang sudah ada sejak abad ke-16. Beberapa pendapat mengatakan bahwa yang tertulis di abad ke-19 menceritakan tentang masyarakat minang biasa menempuh perjalanan ke Selat Malaka – Singapura menghabiskan waktu kurang lebih 1 bulan untuk melewati sungai. Karena di sepanjang jalan tidak ada rumah penduduk, para perantau membawa bekal yang tahan lama yaitu rendang. 

Berdasarkan makna sejarah gusti, rendang sudah ada sejak abad ke-16. Gusti mengatakan kolonel Stuers membuat tulisan mengenai kuliner pada 1827, tulisan itu banyak mendiskripsikan tentang alam, budaya, serta tradisi yang berhubungan dengan khas Minang. Kuliner yang tertulis tertuju pada masakan rendang. Dalam istilah belanda pernah muncul sebutan masakan yang dihanguskan dan dihitamkan yang dapat diartikan dengan cara pengawetan. Gusti berpendapat pada zaman dahulu orang-orang mengawetkan masakan dengan cara pengasapan dan pengeringan. 

Rendang berasal dari kata merandang (memasak santan kelapa sampai kering perlahan). Gusti juga mengatakan riwayat rendang juga bersangkutan dengan datangnya orang arab dan india  di pantai barat sumatera. Makanan yang mempkunyai cita rasa dan cara pembuatan yang memikat ini berasal dari daging sapi, tapi banyak varisi daging lainnya yang untuk dibuat rendang. Kenikmatan rendang daripada masakan yang lain adalah bumbu-bumbunya yang kaya akan bumbu rempah. Selain rendang daging, rendang juga bisa berupa rendang hati, telur, paru dan tongkol.

Oke sahabat Indonesia, kelihatannya sudah tidak sabar ingin tahu resep dan cara membuat rendang. Berikut penjelasannya:

Bahan:
·         4 kg Daging sapi atau daging lainnya yang telah bersih.
·         3 liter santan
·         Air secukupnya

Bumbu:
·         7 lembar daun jeruk
·         5 batang serai (dimemarkan)
·         5 lembar daun kunyit
·         2 ruas jari asam

Bumbu yang dihaluskan:
·         25 siung bawang merah
·         12 siung bawang putih
·         6 cm laos
·         6 cm kunyit
·         4 cm jahe bakar
·         200 gram cabai merah
·         200 gram cabai rawit
·         10 butir kemiri
·         1 sdm tumbar
·         2 sdt jinten sangrai
·         2 sdt pala bubuk
·         Garam secukupnya


1)      Tumis bumbu hingga tercium aromanya
2)      Masukan santan dengan api kecil
3)      Aduk santan kurang lebih 30 menit
4)      Masukan potongan daging sapi atau daging lainnya
5)      Aduk olahan santan serta daging dengan api sedang hingga daging matang dan mengeluarkan minyak
6)      Angkat dan daging rendang siap dihidangkan

Selamat mencoba resep ini. Semoga artikel tentang Resep Rendang Daging, Masakan Indonesia ini bisa dijadikan referensi dan menambah rasa cinta kita terhadap kuliner Indonesia.

Oleh: D.Nafisah
 
Baca artikel terkait:
·         Resep Rahasia Soto Betawi

Kata kunci: resep rendang, rendang daging, rendang ayam, resep masakan rendang, cara membuat rendang, resep rendang daging masakan Indonesia, rendang recipe.  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Rendang Daging, Masakan Indonesia"

Post a Comment