Resep: Cara Membuat Rujak Cingur

Resep Membuat Rujak Cingur Surabaya. Selamat siang sahabat indonesia. Kali ini saya ingin mengajak sahabat indonesia berjalan jalan ke daerah Surabaya untuk mencicipi makanan khas surabaya. Apa sih makanan khas surabaya? “RUJAK CINGUR” nah tepat sekali, saya akan memberikan sedikit resep dan cara membuat rujak cingur. Tapi sebelum saya memberikan resep dan cara membuatnya, mari kita ulas sedikit tentang sejarah rujak cingur.

Menurut cerita yang terdengar pada zaman dahulu hiduplah seorang Raja yang bernama Firaun Hanyokrowati, dia sangat berkuasa dan ditakuti. Pada saat dia ulang tahun, dia menyuruh sekuruh juru masak kerajaan memasak berbagai resep yang lezat. Raja pun mencicipi seluruh maskannya, tapi tidak ada yang enak menurut lidahnya. Tiba-tiba masuklah seorang pengawal kerajaan mengatakan bahwa ada seseorang yang mau menyuguhkan masakan untuk raja, sang raja pun menyetujuinya. Orang tersebut berkata bahwa “Abdul Rozak” adalah namanya. Dia mempersilahkan raja untuk mencicipi makanannya. Raja betul-betul merasakan kenikmatan dalam makanan itu. “makanan ini namanya apa?” tanya raja, “belum saya beri nama” jawab Abdul Rozak. Sang Raja pun memberi nama Rozak Cingur karena terbuat dari cingur onta. Sang raja juga berjanji akan memberikan Abdul Rozak sebuah kapal laut dan sebidang tanah serta akan menjadikannya kepala juru masak kerajaan. Tapi Abdul Rozak menolak, dia hanya meminta kapal tersebut. Kemudian Abdul Rozak memulai perjalanannya sampai kapalnya terdampar di tanjung perak Sueabaya. Mulai dari situlah Abdul Rozak memeperkenalkan resep andalannya. Masyarakat sekitar tanjung perak pun mulai datang untuk mencicipi Rozak Cingur. Karena masyarakat sekitar susah mengucap Rozak, akhirnya mereka mengucapnya “Rujak Cingur”, lama kelamaan resep rujak cingur tersebar kemana-mana.
Resep dan Cara Membuat Rujak Cingur
Rujak Cingur
Makanan ini adalah salah satu jenis makanan yang diracik dari campuran aneka buah dan sayur. Berikut resep dan cara membuat rujak cingur.

Bahan
·         350 gram Cingur (tulang rawan hidung sapi)
·         65 gram kangkung rebus
·         65 gram tempe goreng
·         105 gram kacang panjang rebus
·         1 buah mentimun
·         65 gram buah mangga muda
·         65 gram toge
·         65 gram tahu goreng
·         80 gram bengkuang
·         80 gram kedondong

Bahan sambal petis
·         3 sdm petis udang
·         15 buah cabe rawit
·         1 sdm asam
·         1 sdt terasi goreng
·         Bawang goreng secukupnya
·         4 sdm kacang tanah goreng
·         1 buah pisang
·         Garam secukupnya
·         Penyedap rasa secukupnya
·         Gula secukupnya
·         Air secukupnya

1.      Seluruh bahan sambal dicampur dan ditumbuk sampai halus
2.      Masukan seluruh bahan kedalam mangkuk
3.      Siram rujak cingur menggunakan kuah sambal
4.      Taburkan bawang goreng
5.      Rujak cingur siap disajikan

Nah begitulah sahabat Indonesia Resep Membuat Rujak Cingur Surabaya. Selain mempunyai cita rasa yang enak rujak cingur ini juga cukup sehat untuk dimakan, karena terbuat dari campuran sayuran dan buah-buahan. Bagi anda yang vegetarian, rujak cingur sangat pas untuk dikonsumsi. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Baca artikel terkait:
·         Resep Empek Empek Palembang
·         Wisata Alam Ketep Pass
·         Resep Rahasia Soto Betawi

Kata kunci : rujak cingur, cara membuat rujak cingur, resep rujak cingur, rujak cingur Surabaya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep: Cara Membuat Rujak Cingur"

Post a Comment