Resep: Cara Membuat Gudeg Jogja

Resep Gudeg Yogyakarta. Sore sahabat Indonesia, selamat sore dan selamat beristirahat bagi anda yang baru saja melakukakn pekerjaan hari ini. Bagaimana jika selepas bekerja anda merasa lapar kemudian anda makan dengan menu yang khas dan enak? hm, begitu menggugah selera bukan. Naah kali ini saya ingin memberikan resep gudeg jogja atau cara membuat makanan khas Yogyakarta “Gudeg” demikian orang menyebutnya.

Siapa yang tidak kenal gudeg? Makanan yang berbahan baku nangka muda (Gori) yang terkenal dari Yogyakarta. Tapi apakah kalian tahu tentang sejarah masakan gudeg ini? sebenarnya sejak kapan sih orang Yogyakarta mengenal gudeg?

Sejarah gudeg bermula dari pembukaan hutan Mentaok untuk pembangunan kraton Mataram, di sana ditemukan banyak pohon nangka. Suatu ketika ada prajurit yang diperintah memasak dengan bahan baku nangka muda (Gori) dan santan, namun pada saat memasak mereka diperintah untuk mengerjakan tugas lain yaitu menebang pohon, masakan itu tidak diangkat hingga 6-8 jam maka jadilah Gudeg itu. Namun ada juga mengatakan bahwa bukan prajurit yang menemukan gudeg, tapi seorang istri prajurit yang bernama Sri Simantri. Dia pertama yang memasak Gudeg dengan bahan baku gori, gula dan Santan pada tahun 1557. 
Resep Gudeg Jogja
Gudeg Yogyakarta
Gudeg memang sudah terkenal dan melegenda, sehingga mungkin banyak diantara anda memasak gudeg sendiri tapi tidak tahu bagaimana cara membuatnya. Karena hal tersebut saya mencoba memaparkan resep dan cara membuat gudeg. Langsung saja bagi anda yang sudah tidak sabar ingin memasak dan merasakan lezatnya resep ini. Baca dan cermati dengan baik ya langkah-langkah berikut ini, agar hasilnya pun juga bisa memanjakan lidah anda.

Bahan:
·         ½ butir kelapa (untuk santan)
·         Air kelapa
·         3 lembar daun sejati
·         Daging ayam
·         Telur rebus
·         Nangka muda

Bumbu:
·         3 biji bawang merah
·         4 siung bawang putih
·         1 sendok ketumbar
·         6 butir kemiri
·         2 potong lengkuas
·         ¼ sendok terasi
·         3 lembar daun salam
·         1 sendok makan garam
·         2 sendok makan gula merah

Cara membuat:
1.   Siapkan panci dan tata daun salam menutupi dasar panci, tata juga di atasnya irisan lengkuas.
2.      Haluskan bumbu bumbu menjadi satu.
3.      Campurkan bumbu halus  dengan 500 cc air kelapa, aduk rata.
4.      Tambahkan potongan nangka muda, telur rebus, daging ayam dan gula merah.
5.   Tambahkan air kelapa secukupnya hingga nangka muda, telur rebus dan daging ayam terendam.
6.    Tutup panci rapat-rapat, masak di atas api sedang tanpa dibuka tutupnya sekalipun selama kurang lebih 2 jam. Setelah 2 jam kemudian angkat atau buka tutup panci.
7.   Tambahkan santan, aduk-aduk dengan sendok kayu sambil hancurkan potongan nangka (jaga jangan sampai daun salam dan lengkuasnya terangkat).
8.      Rebus lagi dengan api kecil selama minimal 3 jam.
9.      Aduk sesekali sampai santan habis.
10.  Masak sampai gudeg berwarna cokelat kemerahan.
11.  Angkat dan sajikan.

Gudeg lezat khas Yogyakarta yang anda buat sudah dapat dinikmati bersama keluarga ataupun teman di rumah. Sangat cocok disajikan dengan nasi putih atau bubur yang masih hangat.

Bagaimana sahabat Indonesia, mudah kan cara membuatnya? Bahannya pun juga dapat ditemukan dengan mudah di pasar-pasar terdekat. Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini tentang Resep Cara Membuat Gudeg Yogyakarta. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Oleh : D. Nafisah
 
Baca artikel terkait :
·         Resep Rahasia Soto Betawi
·         Wisata Alam Ketep Pass

Kata kunci : resep gudeg, resep membuat gudeg, cara membuat gudeg, bahan membuat gudeg, resep gudeg jogja, gudeg Yogyakarta.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep: Cara Membuat Gudeg Jogja"

Post a Comment