Monumen Meteorit Wonotirto, Pertama Di Asia Tenggara

Wisata Pendidikan Monumen Meteorit Wonotirto. Selamat malam sahabat Indonesia. Salam sejahtera untuk kita semua. Kali ini saya akan berbagi informasi tentang tempat wisata yang sangat langka. Apa kalian tahu Monumen Meteorit yang ada di Indonesia? mungkin sebagian dari kita belum mengenalnya. Salah satu Monumen Meteorit yang merupakan salah satu objek wisata edukas terletak di Desa Wonotirto, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung tepat  berada di kaki Gunung Sumbing. Bukan hanya terkenal dengan meteoritnya saja, akan tetapi Monumen ini juga dilengkapi dengan potensi agrowisata (buah dan sayuran) serta panorama alam yang indah dengan udara yang sejuk dan meyegarkan. Sangat cocok untuk melepas kepenatan di hari libur anda.
Monumen Meteorit Wonotirto Temanggung
Meteor
SEJARAH

Pada waktu itu, hari jumat tanggal 11 Mei 2001 di Desa Wonotirto terdengar suara gemuruh dan ledakan seperti mercon yang sangat dasyat. Warga setempat sangat terkejut dan mereka mencari dari mana asal suara itu. Dan yang mengejutkan lagi, mereka menemukan batu luar angkasa yang sangat besar yang terjatuh di ladang salah seorang penduduk setempat. Batu itu tidak seperti batu besar yang berada di sungai ataupun seperti batu akik yang lagi ngetren sekarang ini. Batu itu asli dari luar angkasa atau sering disebut dengan Meteor. Tanaman yang terkena jatuhan meteorid yang ada di ladang pun pastinya mati, untung tidak jatuh di rumah. Dengan hal itu, kini Kabupaten Temanggung bertambah satu lagi aset bersejarah. 
Tempat Wisata Temanggung Jawa Tengah
Lokasi Monumen Meteorit Wonotirto
Fenomena alam yang sangat langka ini kemudian menarik perhatian beberapa ilmuan seperti sejumlah dosen di Sekolah Tinggi Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Mereka melakukan penelitian, kemudian membangun sebuah tempat tepat di lokasi jatuhnya Meteor menjadi sebuah Monumen. Dan batu pecahan meteor yang berada di sekitar tempat tersebut ikut diabadikan di dalamnya. Kini, ladang biasa tersebut sudah berubah menjadi tempat yang indah dan menarik. 
Agrowisata Wonotirto Temanggung Jawa Tengah
Monumen Meteorit Wonotirto
Sebenarnya, Monumen Meteorit ini dibangun untuk mengenang dan menandai peristiwa alam jatuhnya batu luar angkasa / meteor di ladang salah seorang penduduk di Desa Wonotirto pada hari jumat, 11 mei 2001 dan diresmikan pada tanggal 18 februari 2002. Monumen ini merupakan monumen meteorit pertama, bukan hanya di Indonesia, melainkan yang pertama juga di Asia Tenggara. Jika sahabat penasaran dengan tempat ini, datang saja langsung ke Temanggung. Tempat ini selalu terbuka bagi siapa saja yang ingin mengunjunginya.

Terima kasih sahabat, semoga artikel Monumen Meteorit Wonotirto, Pertama di Asia Tenggara ini bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan,  wawasan serta rasa cinta kita terhadap Indonesia.

Author : Rp. Yuliana

Baca artikel terkait :
·         Tanan Sari Yogyakarta
·         Wisata Alam Gunung Prau
·         Wisata Alam Posong

Kata kunci : wisata edukasi, monument meteorit, monument meteorit wonotirto, obyek wisata temanggung, monument meteorite.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Monumen Meteorit Wonotirto, Pertama Di Asia Tenggara"

Post a Comment