Resep Empek Empek Palembang

Selamat siang sahabat Indonesia, kali ini saya akan memberikan informasi tentang Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang. Bagi penggemar kuliner makanan khas Indonesia tentu anda akan bersemangat mencoba resep ini, Selain sebagai makanan khas Palembang, makanan ini juga mempunyai citarasa tersendiri bagi penikmatnya. Sebelum membahas lebih jauh tentang resep membuat empek-empek, terlebih dahulu mari kita ulas sedikit tentang sejarah empek-empek Palembang.

Empek-empek atau yang sering disebut pempek adalah makanan khas palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan atau biasa disebut dengan cuka/cuko (Bahasa Palembang).
Empek Empek Palembang
Menurut cerita rakyat sekitar tahun 1617 seorang apek (lelaki tua keturunan cina) berusia 65 tahun yang tinggal di daerah Perakitan (tepian Sungai Musi) merasa prihatin melihat  tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi. Hasil tangkapan itu belum semuanya dimanfaatkan dengan baik, hanya sebatas digoreng. Si apek kemudian mencoba cara pengolahan lain. Ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka, sehingga dihasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijual oleh para apek dengan bersepeda keliling kota. Oleh karena penjualnya dipanggil dengan sebutan “pek apek”,  maka makanan tersebut akhirnya dikenal sebagai empek-empek atau pempek. Pada perkembangan selanjutnya digunakan juga jenis ikan sungai lainnya, misalnya ikan putak, toman, dan bujuk. Dipakai juga jenis ikan laut seperti Tenggiri, Kakap Merah, parang-parang, dan ikan ekor kuning.

Pempek bisa ditemukan dengan gampang di seluruh daerah di kota Palembang, seperti di restoran, penjual gerobak dan warung-warung kecil. Seiring dengan berjalannya waktu, saat ini kita juga bisa menemukan pempek di warung makan daerah sekitar kita.

Oke sahabat Indonesia, tahu kan sekarang sejarahnya. Selanjutnya, ini dia resep dan cara membuat Empek-empek Palembang ;

Bahan bahan yang harus disiapkan
1.    Bahan utama yang diperlukan adalah daging ikang tengiri yang sudah bebas dari duri kurang lebih 500 gram. Bisa juga diganti dengan ikan gabus atau ikan belida apabila tidak ada ikan tengiri.
2.   Tepung Sagu sebanyak 250 gram. Gunakan tepung sagu yang mempunyai kualitas paling baik agar hasilnya enak.
3.  Telur ayam. Pilih ukuran sedang, tidak terlalu besar ataupun tidak terlalu kecil dan gunakan setengah butir telur saja.
4.  Bawang putih. Kupas kulitnya dan siapkan 80 gram untuk kuah nya dan 6 pcs dihaluskan lembut untuk campuran adonan empek empek.
5.     Gula merah (aren) sebanyak setengah kilogram.
6.     Cabe Rawit 100 gram atau tergantung selera dan tingkat kepedasan yang diinginkan.
7.     Garam dapur secukupnya.
8.     Asam Jawa.
9.     Air bersih matang kurang lebih sebanyak setengah liter.

Cara membuat empek-empek Palembang
1.   Siapkan wadah untuk adonan Resep Empek Empek nya. Masukkan Daging ikan tengiri yang telah dihaluskan terlebih dahulu agar bisa tercampur sempurna dengan bahan bahan lainnya.
2.    Masukkan garam dan 6 pcs bawang putih kedalam wadah adonan. Campur dengan ikan yang telah dihaluskan dan aduk aduk hingga semua bahan tercampur.
3.    Masukkan setengah bagian telurnya dan campur  dengan bahan lainnya hingga tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
4.    Masukkan 250 gram tepung sagunya. Campur dengan semua bahan sebelumnya hingga benar benar rata dan halus.
5.  Ambil sedikit adonan diatas dan buat bentuk memanjang, pendek atau sesuai selera anda sendiri untuk bentuk empek empeknya. Lakukan sampai semua adonan habis.
6.   Siapkan satu wadah untuk merebus adonan yang telah dibentuk. Beri air secukupnya dan rebus semua adonan pempeknya dalam air yang mendidih hingga matang.
7.    Siapkan satu wadah lagi untuk membuat kuah cukanya.
8.   Masukkan air matang 0.5 liter, gula merah yang sudah dipotong kecil kecil dan asam jawa secukupnya. Rebus hingga mendidih sambil diaduk aduk agar tercampur rata.
9.    Masukkan garam secukupnya, bawang putih yang sudah dipotong kecil kecil dan garam sesuai selera. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur.

Begitulah bahan-bahan dan cara membuat pempek Palembang. Oiyaa sahabat Indonesia, untuk penyajian makanan pempek Palembang kita juga bisa menambahkan mie dan mentimun sebagai pelengkapnya. Bagi anda yang suka dengan pedas, kita dapat menambahkan cabe pada adonan kuahnya. Pempek tersebut juga bisa disajikan dengan digoreng terlebih dahulu.

Demikian artikel tentang Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang. Semoga bermanfaat sebagai referensi kuliner anda serta menambah rasa cinta dan bangga kita terhadap Karya Indonesia.

Baca artikel terkait :
·         Cara Membuat Wedang Ronde
·         Motif Batik Geometris

Kata kunci : resep, resep memasak, cara memasak, cara membuat, empek-empek Palembang, how to make empek empek Palembang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Empek Empek Palembang"

Post a Comment