Resep Kerak Telor Khas Jakarta

Siang sahabat Indonesia, Resep Kerak Telor. Jika membahas mengenai makanan atau kuliner khas Indonesia tentunya setiap daerah mempunyai kuliner khas tersendiri, salah satunya adalah Kerak Telor khas Ibu Kota Indonesia yaitu Jakarta (Betawi). Berdasarkan sejarah, kerak telor sudah ada sejak zaman Belanda menjajah bangsa Indonesia. Ketika Jakarta masih terpenuhi oleh pohon kelapa sekelompok orang Betawi mencoba coba membuat campuran antara kelapa parut dan bumbu dapur lainnya, ternyata banyak tetangga yang suka. Tahun 1970an merekapun mulai mencoba lagi dengan menjual resepnya tersebut disekitar Monas, ternyata laris bahkan resep tersebut menjadi ciri khas betawi.
Kerak Telor Khas Betawi
Kerak Telor
Cara membuat makanan ini cukup unik. Makanan ini hanya ada pada saat acara-acara tertentu. Lalu bagaimana jika sahabat Indonesia menginginkan kerak telor di rumah? Apakah sahabat Indonesia harus datang langsung ke Jarkata? Jangan khawatir, melalui artikel ini saya akan memberikan resep dan cara membuat kerak telor. Mungkin bagi sahabat Indonesia yang berada di daerah Jakarta sudah pernah mencobanya. Tapi bagi yang belum pernah mencoba, yuk langsung saja simak resep berikut ini.

Bahan
·         150 gram beras ketan putih
·         300 liter air
·         150 gram kelapa parut disangrai
·         10 butir telur bebek
·         20 gram ebi disangrai dan dihaluskan
·         35 gram bawang merah goreng
·         2 sdm minyak goreng

Bumbu halus
·         8 buah cabai merah
·         4 cm kencur
·         2 cm jahe
·         1 sdt merica

Cara memasak kerak telor
1.      Rendam beras ketan di dalam air semalam, kemudian tiriskan.
2.      Panaskan minyak goreng, masukkan bumbu halus keudian tumis ingga harum.
3.      Panaskan wajan cekung/wajan cetakan kerak telor. Beri 1 sdm beras ketan, tambahkan dengan 4 sdm air kemudian tunggu hingga setengah kering.
4.      Pecah dan campur 2 butir telur bebek, 1 sdt bumbu halus, 1 sdt ebi, 1 sdm bawang merah goreng, 1 sdt garam, 1 sdt gula pasir.
5.      Siram campuran tersebut ke atas ketan, aduk sambil diratakan.
6.      Tutup dan biarkan hingga matang di atas api sedang, kemudian angkat.
7.      Taburkan kelapa sangrai dan bawang merah sangrai.
8.      Kerak telor siap disajikan.

Mudah kan sahabat Indonesia? Siapa tahu sahabat indonesia ingin membuka usaha kuliner kerak telor, semoga artikel Resep Kerak Telor ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai referensi.

Baca artikel terkait:
·         Resep Rahasia Soto Betawi

Kata kunci: kerak telor, kerak telor Jakarta, makanan khas Jakarta, cara membuat kerak telor, resep kerak telor, kerak telor recipe.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Resep Kerak Telor Khas Jakarta"

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda tentang resep kerak telor khas jakarta. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama mas Andreas Eko, terimakasih juga sudah berkunjung ke web saya :)

      Delete