Mengenal Linux dan Jenis-jenis Linux


Mengenal Linux dan Jenis-Jenisnya



Berhubung karena ada tugas mata kuliah system operasi yaitu membahas tentang opensource linux beserta jenis-jenisnya,maka saya tuliskan artikel yang saya peroleh dari berbagai sumber ini. Mari kita belajar bersama-sama tentang Linux.
Yang pertama mengenai pengertian linux itu sendiri. Apa yang dimaksud dengan linux? Linux adalah sistem operasi yang bebasis UNIX yang merupakan salah satu contoh hasil dari pengembangan perangkat lunak yang bebas (Freeware) dan sumber yang terbuka (Open Source), beberapa pengguna OS Linux adalah Programmer yang menggunakannya untuk membuat suatu program dan juga developer untuk mengembangkan aplikasinya lebih mudah.

Ada berbagai Macam Jenis Sistem Operasi Linux, namun hanya enam saja yang akan saya bahas di artikel ini. diantaranya debian linux (OS untuk server), Redhat Linux (penginstalan yang mudah untuk pemula), Corel Linux,Turbo Linux,Ubuntu linux.
Untuk lebih jelasnya simak beberapa Macam Jenis Sistem Operasi Linux dibawah ini:

Jenis-Jenis Linux:

1. Debian Linux


Jenis linux debian ini mungkin saja kurang terkenal, namun dari kalangan teknis sudah banyak yang menggunakannya. Mereka puas dengan DEB dianggap lebih stabil dari pada RPM oleh kalangan teknis. Meski kurang terkenal, namun banyak digunakan oleh kalangan expert.versi terakhir yang dirilis tahun 1999 adalah 2.1.
Dibandingkan dengan linux lain, Debian termasuk kurang mengupdate
proramnya. Namun pihak debian telah membuat distribusi linux yang baru  bagi end-User, yang sangat familiar penggunaannya. Debian juga sudah memakai metode autodetect untuk penggunaan
peripheral pada komputer. Proyek ini terkenal dengan nama Corel Linux. Situs dari
linux debian dapat anda lihat di http://www.debian.org.
Dan pada saat ini debian linux sudah mencapai versi 4.1 yang dapat anda lihat di website yang
ada di atas. dan juga kecepatan serta kegunaan dari debian ini sudah sangat optimal jika anda
ingin menggunakannya. Sangat cocok digunakan untuk server atau komputer yang akan di jadikan admin dalam sebuah perusahaan komputer.

2. Redhat Linux

Redhat Linux adalah salah satu linuxyang paling populer di Indonesia dan Amerika, serta dirancang khusus untuk server. Redhat diakui sebagai server paling cepat dibandingkan dengan linux server lainnya. Selain merupakan server tercepat, Redhat juga dapat digunakan sebagai client atau sebagai PC desktop. Saat ini redhat telah beredar dengan versi 9.0 yang dapat
memakai desktop Genome dan juga KDE.
Kelebihan lain yang ada pada Redhat linux adalah kemudahan dalam installasinya. Ini
merupakan revolusioner Linux. pada saat linux yang lain membuat pengguna awalnya merasa putus asa, Redhat memberikan prosedur installasi termudah pada masanya.
Hal revolusioner lainnya yaitu Redhat linux menciptakan format paket program RPM
hal ini menjadi standar baku file binner di Linux, yang kemudian digunakan oleh linux yang lain.

3. Corel Linux
 
Corel Linux adalah salah satu sistem operasi berbasis Linux yang dibuat oleh distribusi Linux Debian. sama seperti Linux lainnya, mendukung sistem operasi open source dibawah naunan GNU. Corel Linux bisa anda  dapatkan membeli Via internet dengan harga yang sangat terjangkau, lebih murah dari harga linux OS lainnya.
Corel Linux juga dapat langsung diinstal dengan atau tanpa adanya sistem operasi yang lain. Corel Linux bisa diinstall pada partisi dan file sistem windows, hal ini menjadikan Corel Linux seolah-olah adalah program aplikasi dari Windows.
salah satu yang paling menarik dari Corel Linux adalah Semuanya serba grafis. Corel Linux bisa juga dirancang sebagai end-User. Pada Corel Linux semuanya serba grafis, dimulai pada saat prosedur Instalasinya hingga boot sistem. Anda juga tidak akan menemukan basis text seperti yang ada di Linux lainnya, atau windows yang masih basis text. Dicorel Linux anda semuanya serba disederhanakan, bahkan sampai pada pengaturan jaringanpun lebih mudah dari pada pengaturan jaringan pada Windows.
Akan tetapi ada juga kekurangan pada Corel Linux ini, terutama bagi pengguna sudah
mahir. Mereka akan bingung dengan tampilan yang serba grafis.
Untuk Informasi yang lebih detail anda dapat mengunjugi di situsnya yaitu di
http://www.linux.corel.com

4. Turbo Linux
 
Turbo Linux adalah Linux yang terkenal di Asia. Bahkan di Jepang dan Cina.
Turbo Linux berada di peringkat pertama distribusi linux pilihan. Turbo
Linux dibentuk dari berbagai under Linux/UNIX, baik dari komersial maupun freeware untuk
kepentingan jaringan skala besar. Pihak vendor mengklaim pihak merekalah sebagai Linux yang  tercepat.
Pada saat ini berdasarkan backup dari beberapa perusahaan yang terkemuka,contohnya seperti : Compaq, Dell,Fujitsu, Intel, NEC, Tishiba, Novel, dan SCO. Turbo Linux mengkhususkan diri di bidang clustering computer, setara dengan super komputer di Jerman.Untuk kepentingan jaringan yang ada di China dan Jepang.
Bahkan di China, Turbo Linux diadaptasikan sebagai sistem komputer utama mereka, dan dimasyarakatkan dalam bahasa China kepada masyarakatnya guna menyaingi dominasi dari Microsoft.
Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat situs
Turbo Linux di http://www.turbolinux.com.

5. Ubuntu Linux
 
Linux Ubuntu merupakan salah satu dari jenis Linux yang ada di dunia. Ubuntu Linux adalah sebuah distro baru yang langsung diterima dengan senang hati oleh para pengguna Linux khususnya bagi para penggemar Debian. Bagaimana tidak,hal ini dikarenakan Ubuntu memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan linux debian sendiri. Ubuntu menawarkan semua kelebihan yang ada pada Debian ditambah dengan pengupdate-an secara berkala setiap 3 bulan, dukungan komunitasnya sangat banyak,dukungan dana yang melimpah, bahkan anda juga bisa mendapatkan CD Installernya secara gratis.
Ubuntu adalah sebuah kata kuno yang berasal dari bahasa Africa yang berarti “Humanity towards other” yang artinya adalah kemanusiaan untuk membantu yang lain, atau mungkin ada terjemahan lain? Tujuan dari proyek ini adalah menciptakan sebuah Sistem Operasi Desktop yang gratis namun dengan dukungan aplikasi serta dokumentasinya. Project tersebut disponsori oleh Canonical Ltd.
Ubuntu berbasiskan GNOME dan bagi anda yang lebih suka KDE anda bisa memilih
Kubuntu Linux. Walaupun tampilan kedua distro ini berbeda namun keduanya dikeluarkan
dari “pabrik” yang sama dan tentu saja kedua distro ini memiliki kelebihan dan kekurangan
masing-masing. Kalau anda lebih menyukai tampilan yang berciri khas “Mac OS” anda bisa
memakai Ubuntu akan tetapi jika anda lebih menyukai tampilan yang “agak” mirip dengan Windows [bahkan menurut saya lebih bagus dari Windows] anda bisa memakai Kubuntu tetapi kalau anda hanya ingin menjadikan komputer anda sebagai server,anda bisa memilih salah satu dari keduanya karena pada dasarnya “base system” keduanya sama [hanya berbeda Desktop Manager dan tambahan aplikasi saja].
[K]Ubuntu Linux mempunyai 2 versi yaitu versi LiveCD dan versi Install. Anda bisa memakai
versi LiveCD kalau tidak ingin menginstallnya kedalam Komputer, cukup masukan
LiveCD tersebut kedalam CD-ROM Drive, booting dari CD-ROM Drive maka anda sudah
dapat menikmati system operasi Linux. Tentu saja LiveCD ini memiliki banyak batasan karena semua perubahan pada konfigurasi yang sudah anda buat akan langsung hilang ketika komputer dimatikan dan tentu saja flexibilitas LiveCD ini akan sangat jauh jika dibandingkan dengan versi Installnya.
[K]Ubuntu Linux  hadir dengan 3 Arsitektur computer diantaranya : Intel x86, AMD64 dan PowerPC .dan kini Ubuntupun sudah hadir dengan versinya yang terbaru yaitu versi 7.4 yang dikeluarkan
pada tanggal 19 April 2007 dan ada versi terbarunya
lagi yaitu 7.10 yang di rilis pada tanggal 18 oktober 2007.

6. Linux Mint


Jika Ubuntu tadi adalah perkembangan dari Debian, maka Linux Mint dapat disebut cucu atau perkembangan selanjutnya dari Debian karena dikembangkan menggunakan dasar Ubuntu. Sistem operasi Linux Mint ini tujuan pengembangannya adalah penggunaan pribadi atau hanya personal (PC) dan terbagi menjadi 2 varian lagi diantaranya CINNAMON dan MATE.
CINNAMON adalah OS Linux Mint lebih modern dibandingkan Linux MATE, namun memiliki kekurangan yaitu kurang stabil dibandingkan dengan Linux MATE, Linux CINNAMON juga belum banyak mendukung dalam hal kartu grafis pada beberapa komputer maupun laptop.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Linux dan Jenis-jenis Linux"

Post a Comment