Beberapa sistem operasi linux



Macam-macam sistem operasi linux
         Hay sobat,Mungkin kebanyakan orang mengenal sistem operasi itu Windows yang tenar di indonesia. Namun,ada sistem operasi  yang lebih menarik yang tak kalah populer di negeri kita ini dengan keamanan dan kenyamanan yang lebih terjamin di bandingkan windows.kalian juga bisa memodif sendiri  kode sumber linux dan di distribusikan secara bebas oleh siapa saja.
Beberapa perangkat linux yang sering dan paling populer di gunakan sampai saat ini adalah :



1.      LINUX REDHAT

http://www.karyaindonesia.net/2017/04/beberapa-sistem-operasi-linux.html 

Adalah  salah satu GNU/Linux yang tergolong sudah tua, menyediakan kemudahan, model tampilan yang sepenuhnya grafis mulai saat instalasi, dan pemakaian yang ramah. Versi terakhir Red Hat adalah Distribusi RedHat Linux 9.0, ini merupakan versi stabil dan perbaikan serta peningkatan administrasi sistem yang dilengkapi dengan desktop manager terbaru seperti KDE 3.1 dan GNOME 2.2 dan aplikasi terbaru seperti grafis GIMP 1.2.3, OpenOffice, KOffice, Diagram, aplikasi Multimedia Player, dll. Kemudahan penggunaan yang ditawarkan RedHat Linux 9.0 hampir sama dengan lingkungan yang disediakan oleh sistem operasi Windows. Kemudahan tersebut antara lain dalam melakukan instalasi software, pengenalan deteksi hardware, konfigurasi dan pengelolaan sistem dan harddisk, serta penggunaan aplikasi-aplikasi yang semuanya dapat dilakukan dengan sangat mudah dan didukung dengan menu grafis serta perintah yang gampang untuk diikuti.
 

2.      LINUX UBUNTU





     Linux ubuntu ini berbasis Debian dengan sistem operasi yang hampir sama dengan Debian akan tetapi linux ubuntu bisa digunakan secara pribadi dan versi servernya tersedia dengan luas.
Ubuntu di kenalkan sejak 2004 dan melakukan updete versi 2 kali dalam setahun. Linux ubuntu yang paling baru sudah bisa di gunakan di smartpone. Tiap versi baru memiliki masa support 2 tahun dan khususnya versi genap memiliki masa support 3 tahun pada tipe personal dan 5 tahun pada tipe server.
 





3.      LINUX DEBIAN


    Linux debian adalah sistem operasi yang di rilis sebagain perangkat lunak bebas ,terbuka dan lisensi bebas ke perangkat lunak lain. Debian sudah ada sejak 1999 dan di kembangkan sampai sekarang hingga versi 8.sistem operasi ini tidak cocok di gunakan peronal kebanyakan pemakai di gunakan sebagai server dan hingga saat ini di gunakan sebagai andalan.







4.      LINUX GENTOO

adalah suatu distribusi Linux yang memakai paket sistem manajemen Portage. [Debian yang menggunakan paket .deb, RedHat / Mandrake yang menggunakan paket .rpm]. Manajemen paket ini dirancang untuk modular (mudah ditambah-tambah), portabel (dapat di port ke distro lain), mudah ditata, fleksibel, dan dioptimalkan untuk masing-masing komputer pengguna. Nama proyek pengembangan dan produknya diambil dari jenis penguin yaitu Gentoo. Distribusi yang mempunyai keunikan tersendiri dan dapat dioptimisasi dan dicustomisasi untuk hampir segala jenis aplikasi atau kegunaan. Konfigurasi yang sangat ekstrim, dukungan dari sesama user dan developer yang sangat bagus adalah salah satu kelebihan Gentoo. Berkat adanya teknologi bernama Portage, Gentoo Linux dapat menjadi server yang aman, sistem develop, profesional desktop, game sistem, solusi buat 'embedded' atau apa pun sesuai yang kita ingini.





5.      LINUX MINT
                                              

Linux mint adalah sistem operasi yang berbasis debian dan ubuntu. Walaupun linux mint sama dengan linux ubuntu akan tetapi linux mint hadir dengan tampilan yang berbeda.
Linux mint hadir untuk digunakan sistem operasi pribadi atau pc pribadi di rumah.linux mint terbagi menjadi 2 varian yaitu CINNAMON dan MATE. Kelebihan Linux Mint antara lain user friendly, desain simpel, dan mendukung berbagai fasilitas multimedia.



                                                                6.      Linux Linsprie

dahulunya LindowsOS, adalah sistem operasi komersial (tidak gratis) berbasis Debian dan kemudian Ubuntu . Linspire diterbitkan oleh Linspire, Inc. Linspire membundel piranti lunak, driver dan codecs proprietary yang tidak memiliki alternatif handal di pihak Open Source. Termasuk yang dicontohkan adalah yang terkait dengan MP3, Real, Java, Flash, ATI, nVidia, WiFi, dan banyak lain. Linspire 6.0 disebut sebagai Linux pertama yang mengandung teknologi Microsoft seperti Windows Media, True Type Fonts, dan juga penerjemah Open XML sehingga OpenOffice bisa membuka dan menyunting format Microsoft Word .docx alias Office Open XML (OOXML).
 




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa sistem operasi linux"

Post a Comment