Beberapa Macam Sistem Operasi Linux

1. Ubuntu lite

Linux Lite adalah distro turunan Ubuntu LTS. LTS sendiri adalah singkatan dari ‘Long Term Support’ (dukungan jangka panjang) yang berarti setiap rilisnya mendukung dukungan selama 5 tahun. Sangat penting untuk stabilitas Distro ini karena hanya perlu memasang maupun mengupgrade ke sistem operasi terbaru setiap lima tahun sekali. Saat periode lima tahun sekali, sistem akan secara berkesinambungan mendapat perbaruan sistem melalui repositori LinuxLite.

Tampilan

  2. Linuxmint

Linux Mint merupakan sebuah sistem operasi komputer yang  berbasis pada Ubuntu. Sistem operasi ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2006 oleh Clement Lefebvre. Linux Mint yaitu salah satu distro Linux yang cukup populer karena desain tampilannya yang  user friendly, mudah untuk melakukan berbagai proses menginstal aplikasi, serta tersedia dukungan aplikasi multimedia yang cukup lengkap, handal dan aman.

Tampilan

3. Fedora

Fedora merupakan sistem operasi dan perangkat lunak open source. Fedora dapat menggunakan Fedora sebagai alternatf pilihan dari sistem operasi Microsoft Windows ataupun sistem operasi Apple Mac OS. Linux Fedora didistribusikan oleh Red Hat, sebuah pengembang teknologi open source yang terpercaya di dunia. Red Hat berkontribusi dengan Fedora  untuk mendorong kerja sama dan menciptakan teknologi perangkat lunak baru. Semua insinyur serta anggota tim bertanggung jawab terhadap adanya produk Red Hat Linux Enterprise yang menggunakan Fedora sebagai sebuah penelitian terbuka (open research). Hal ini memungkinkan pengguna untuk bereksperimen dengan berbagai teknologi baru secara langsung.

Tampilan

4. Linux Zorin

     Zorin merupakan linux turunan ubuntu, zorin ini di lengkapi program WINE berfungsi untuk menjalankan aplikasi windows di linux zorin. Meski dikatakan mirip dengan win7, zorin tidak kehilangan ketangguhan yang sudah terkenal. Linux zorin sudah dilengkapi dengan office. sehingga user tidak perlu menginstall office. office yang dimaksud tidak sama dengan office yang dibuat oleh Microsoft. linux yang dimaksud memang ditujukan untung LINUX.

Tampilan

5. Red Hat Linux

RedHat Linux merupakan salah satu GNU/Linux yang tergolong sudah tua yaitu menawarkan kemudahan, mode tampilan yang sepenuhnya grafis mulai saat instalasi, dan pemakaian yang ramah. Versi terakhir Red Hat adalah Distribusi RedHat Linux 9.0 yang merupakan versi stabil dan perbaikan serta peningkatan administrasi sistem yang dilengkapi dengan desktop manager terbaru seperti KDE 3.1 dan GNOME 2.2 dan aplikasi terbaru seperti grafis GIMP 1.2.3, OpenOffice, KOffice, Diagram, aplikasi Multimedia Player, dll. Kemudahan penggunaan RedHat Linux 9.0 hampir sama dengan yang disediakan oleh sistem operasi Windows. Misalnya melakukan instalasi software, pengenalan deteksi hardware, konfigurasi dan pengelolaan sistem dan harddisk, serta penggunaan aplikasi-aplikasi yang semuanya dapat dilakukan dengan sangat mudah dan didukung dengan menu grafis serta perintah yang mudah untuk diikuti.

Tampilan


ü     Perbedaan utama antara Linux dan sistem operasi populer lainnya terletak pada kernel Linux dan komponen-komponennya yang bebas dan terbuka. Namun perintah (command) dasar yang digunakan dalam terminal/console dalam linux dapat diberikan pada semua distro linux, seperti fedora/ ubuntu/mint/opensuse, dll karena pada dasarnya distro linux memiliki dasar yang sama yaitu kernal linux.

ü   Proses instalasi Linux mungkin sulit bagi pengguna baru,  namun proses ini sekarang sudah menjadi lebih mudah. Dengan adanya Linux oleh beberapa pabrikan komputer pribadi besar, komputer terpasang (built up) dengan distribusi Linux yang siap pakai. Selain itu, terdapat juga distribusi Linux yang dapat dijalankan (boot) secara langsung dari cakram optik (CD) tanpa diinstalasi ke cakram keras (hard disk).

Instalasi Linux merupakan instalasi yang berupa suite, yaitu di mana penginstalasian secara otomatis menginstalasi program-program standar, seperti pemutar MP3,Office Suite, dan pengolah gambar.



Sumber :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Macam Sistem Operasi Linux"

Post a Comment