Wisata Situs Candi Liyangan Temanggung (explore to Liyangan Temple)


Hallo, para travellers bingung nyari obyek wisata? Atau gak ada ide mau piknik kemana? Jangan kuatir, nih mimin punya sedikit referensi mengenai Wisata di sekitar Temanggung, Jawa Tengah. Kota lahir sekaligus kota tinggal mimin, eh malah curhat hehe maaf.

Yaudah langsung aja ini mimin sharing sedikit tentang Wisata Situs Candi Liyangan.


candi liyangan

Temanggung, Temanggung merupakan kota kecil didaerah Jawa Tengah yang memiliki banyak sekali tempat wisata. Banyak tempat wisata yang masih belum banyak orang ketahui, misalnya saja Wisata Situs Candi Liyangan. Tempat wisata ini terletak di lereng Gunung Sindoro, tepatnya di Dusun Liyangan Desa Purbasari Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah atau kurang lebih 20 kilometer dari Temanggung kota.

Bagi yang suka travelling nih gak ada salahnya nyoba ke tempat ini karena selain menikmati keindahan panorama Liyangan, kita juga bisa dapat pelajaran sejarah. Belum lagi tidak jauh dari situs ini ada kolam renangnya juga.

jalan menuju Situs Liyangan

Kawasan Liyangan

Situs Candi Liyangan ini merupakan penemuan baru yang diperkirakan berdiri sejak zaman Mataram Kuno. Menurut penelitian para ahli hal ini dibuktikan dengan ditemukannya benda-benda peninggalan seperti bulir padi purba, tembikar zaman Dinasti Cina kuno, altar, dan lain sebagainya. Tim Geologi telah mengambil sample untuk dibawa ke Laboratorium Miami Florida, Amerika Serikat.

Setelah diteliti ternyata batang pohon terbakar yang ditemukan oleh tim usianya sekitar 690 Masehi. Dengan begitu ada kemungkinan jika ditemukan lagi lapisan dibawahnya, maka terdapat situs lain yang lebih tua dari Candi Borobudur, wow keren bukan.

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BPI) Jawa Tengah sampai sekarang masih terus melakukan penggalian situs. Dan untuk kedepannya pasti akan ada penemuan-penemuan benda lainnya lagi, tinggal kita tunggu saja hehe.


Candi Liyangan


beberapa candi yang ditemukan

Tidak hanya itu, disekitar Candi Liyangan juga terdapat kolam yang dibuat dari bebatuan, orang-orang menyebutnya dengan sebutan Kolam Cinta karena dari 3 kolam ada satu kolam yang berbetuk hati. Kedalamannya ½ meter sampai 1 meter, sangat cocok untuk anak-anak bukan? Tapi tidak hanya anak-anak, kaula muda atau dewasa juga banyak yang berenang disini.

Didukung lagi dengan airnya yang sangat jernih dan segar karena sumber mata airnya dari Gunung Sindoro. Tepat banget nih buat sekedar menyegarkan badan setelah panas-panasan menikmati keindahan Candi Liyangan.


Kolam renang "Kolam Cinta"

Situs Candi Liyangan apabila terus dikembangkan dan dipelihara dengan baik pasti kedepannya akan menjadi aset berharga bagi Indonesia terkhusus bagi Kota Temanggung mengenai wisata, bukti sejarah para leluhur dan cagar budaya yang sepantasnya terus dilestarikan. Supaya anak cucu kita nanti tetap bisa menikmati warisan budaya semacam ini.

Nah itu ulasan dari mimin mengenai Wisata Situs Candi Liyangan. Siapa tau bisa menjadi salah satu opsi obyek wisata kalian. Ada yang tertarik dengan tempat wisata ini??

Semoga bermanfaat :-)
















Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Situs Candi Liyangan Temanggung (explore to Liyangan Temple)"

Post a Comment