Pengertian Batik Klasik

Pengertian Batik Klasik. Pada dasarnya, batik adalah lukisan atau gambar pada kain mori dengan menggunakan canthing dan malam sebagai zat perintangnya. Namun pada perkembangannya, batik telah mermetamorfosis menjadi bahan tekstil yang dapat dibuat tanpa harus menggunakan canthing dan malam yang notabene adalah sebagai komponen utama terciptanya batik.

Sehingga sampai saat ini,masyarakat umum memandang semua kain yang bermotifkan batik adalah sebuah ‘batik’. Oleh karena itu sekarang muncul istilah batik klasik/tulis, batik cap, dan batik printing. Apakah semua jenis batik tersebut tergolong ‘batik’? tentu saja tidak. Sesuai dengan definisi batik diatas, batik adalah gambar pada kain yang dihasilkan dari perintangan malam melalui media canthing. Oleh sebab itu, yang termasuk batik disini adalah batik klasik. Lalu bagaimana dengan batik cap dan batik printing? Keduanya hanya menggunakan motif batik saja,walaupun pada pembuatannya, batik cap juga menggunakan malam,namun tidak melalui media canthing. Sedangkan untuk batik printing justru sama sekali tidak memiliki satu unsure pun dari definisi batik yang sesungguhnya. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan terbentuknya kelas kelas masyarakat yang beragam,kemunculan batik cap dan batik printing tersebut seolah menjadi angin segar. Bagaimana tidak, batik klasik yang notabene batik ‘asli’ tersebut sulit untuk dijangkau masyarakat dengan kelas menengah ke bawah. Karena proses dan bahan bakunya yang memang cukup  mahal.

batik klasik
Batik Klasik
Kemunculan batik cap dan batik printing yang tergolong lebih simple ini dapat menekan biaya produksi, sehingga harganya pun dapat dijangkau oleh masyarakat umum. Meskipun dengan proses dan bahan yang berbeda, kedua batik ini tetap menggugah selera dengan suguhan motif motif nya yang beragam, mulai dari motif klasik sehingga memunculkan kesan batik klasik, sampai dengan motif yang modern sehingga bisa menyatu dengan modernisasi jaman.

Pengertian Batik Klasik
Pengertian Batik Klasik

Sekian artikel tentang Pengertian Batik Klasik. Semoga bermanfaat dan membuat anda semakin cinta terhadap karya Indonesia.

Kata kunci : Pengertian batik klasik, batik klasik, batik tulis, batik cap, batik printing

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Batik Klasik "

Post a Comment