Peran Bidang TKJT di Bidang Industri

 Teknologi informasi adalah sebuah dunia yang selalu mudah berubah. sekarang menjadi trend namun belum tentu menjadi trend pada masa yang akan mendatang.Perubahan yang pesat dalam dunia teknologi informasi juga membawa pengaruh besar pada bidang yang diimplementasikan, termasuk dunia industri. Di industri, teknologi sangat membantu dalam mengambilan, mengolahan, menyimpan, penyebar, dan penyajian informasi.

Perkembanganteknologi informasi di masing-masing negara juga berbeda dan hal itu juga  mempengaruhi persaingan industri secara global. Negara-negara yang ketertinggalan dalam pemanfaatan teknologi informasi harus segera mengejar ketertinggalannya supaya dapat bersaing dengan negara-negara lain yang lebih maju 

Seiring perkembangan zaman ini, teknologi yang digunakan juga berkembang pesat termasuk juga teknologi di bidang industri. Setiap saat ada satu teknologi baru yg dipublik ke masyarakat sehingga hal ini mendorong orang yang  ahli teknik untuk terus berinovasi dalam menciptakan alat yang lebih canggih yang dapat memudahkan sebuah bisnis tersebut untuk bisa dikenal di seluruh dunia.

Banyak laporan-laporan ekonomi atau sosial  suatu negara semakin mempercayai pentingnya penggunaan teknologi dalam meingkatkan produktivitas negara tersebut . Berbagai sumber dalam bidang teknologi sudah memperkirakan bahwa ke depannya teknologi mempunyai banyak peran yang sangat penting bagi negara terutama setelah banyak perusahaan atau industri-industri yang merekap biaya dan hal-hal lainnya terkait bisnis mereka dengan menggunakan teknologi. 

 1.Peran TKJ dalam bidang industri otomotif

Di bidang industri ini, komputer sekarang banyak di gunakan untuk mengendalikan mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, Contoh Computer Numerical Control (CNC), Computer Aided Manufacture (CAM), Computer Aided Design (CAD), yaitu industri yang khusus  merancang bentuk atau desain sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik.

Dalam industri dan manufaktur,biasanya kita sering merencanakan atau mendesain produk baru yang akan diperlihatkan ke publik. 

Dalam perancangan ini, kita juga akan dipermudah dengan banyak  aplikasi spt Computer Aided Design (CAD). Dengan ini, kita bisa merencanakan sebuah produk dgn mudah, cepat,efisien dan bebas.

Sumber:Autodesk


2.Peran TKJ dalam bidang industri pakaian

Untuk proses produksi, bisasanya ada yang menggunakan mesin jahit otomatis yang nantinya disempurnakan oleh orang-orang yang ahli di bidang tersebut. Dengan melakukan kegiatan tersebut dengan baik  , maka sebuah pekerjaan akan lebih cepat selesai sesuai deadline.

Sumber:ULTIMAGZ ONLINE

3.Peran TKJ dalam bidang industri makanan

perusahaan-perusahaan besar sekarang pastilah menggunakan Tkj dalam pengerjanya. Dengan jumlah produksi yang besar, mereka semua pasti akan kesusahan jika pengerjannya secara manual.

Dengan kemajuan dunia teknologi yang sangat pesat sekarang ini, mereka-mereka bisa memproduksi makanan dan minuman secara bersamaan dengan jumlah yang sangat banyak menggunakan mesin. Bahkan, ada juga perusahaan yg menggunakan robot yang dikontrol dengan program CNC (Computer Numerical Control) atau CAM (Computer Aided Manufacture).

Sumber:GoLepi
Manfaat teknologi informasi bagi dunia industri

- Sebagai sarana pemasaran yang mudah dan efisien. Penggunaan internet adalah sebagai sarana pemasaran produk yang sangat umum dipergunakan. Banyak pelaku industri melakukan promosi melalui internet karena dinilai lebih mudah,cepat, dan tepat sasaran

- Meningkatkan efisiensi dalam kegiatan produksi. Dengan berkembangnya komputer, semakin banyak orang yang mulai mengaplikasikannya untuk alat produksi di berbagai perusahaan.

- Menciptakan sinergi atau integrasi perusahaan. Banyak perusahaan yang juga memiliki beberapa kantor cabang dalam upaya perluasan bisnisnya.

- Produktivitas dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi sangat meningkatkan produk baik dari teknologi industri maupun jenis produksi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peran Bidang TKJT di Bidang Industri"

Post a Comment