Wisata Jogja: Monumen Jogja Kembali



Selamat pagi sahabat Indonesia, ketemu lagi deh di web kami. Kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Wisata Edukasi di Kota Yogyakarta yaitu Monumen Jogja Kembali yang juga merupakan salah satu museum bersejarah yang ada di Yogyakarta. Baiklah, langsung saja yuk kita ulas bersama tentang tempat yang istimewa ini untuk menambah pengetahuan kita.
Wisata Edukasi Jogja Museum Monumen Jogja Kembali
Monumen Jogja Kembali (Monjali)
Museum Monumen Jogja Kembali merupakan salah satu Museum sejarah perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia yang dikelola oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata yang ada di Yogyakarta. Monumen ini terletak di persimpangan antara Jl. Lingkar Utama, Jl. Plagan Tentara Pelajar dan Jl. Monjali Yogyakarta. Secara geografis, monumen ini terletak antara 110021’ – 110050’ BT dan 7046’ - 8009’ LS. Monumen Jogja Kembali merupakan salah satu Wisata Edukasi yang ada di Yogyakarta. Mengapa dinamakan “Jogja Kembali”??  maksud dari kata “Jogja Kembali” yaitu sebagai patokan atau kenangan dari sejarah peristiwa ditarik mundurnya tentara Belanda dari Kota Yogyakarta pada tanggal 29 Juni 1949 serta kembalinya Presiden Soekarno-Hatta dan beberapa pejabat lainnya pada tanggal 6 Juli 1949 di Kota Yogyakarta. Peristiwa itu dikenang sebagai titik awal terbebasnya Bangsa Indonesia dari cengkraman penjajah yang menentukan kelangsungan hidup bangsa yang merdeka dan berdaulat.

Hotel Murah di Jogja
Monumen Jogja Kembali
Monumen Jogja Kembali dibangun pada tanggal 29 Juni 1985, ditandai dengan peletakan batu pertama dan upacara penanaman kepala kerbau oleh Kanjeng Sri Sultan hamengkubuwono ke-sembilan dan juga Kanjeng Sri Paduka Paku Alam VIII. Dilihat dari bentuknya, Monumen jogja kembali berbentuk kerucut atau gunungan dengan luas sekitar 5 hektar dengan ketinggian 31,80 meter yang terdiri dari 3 lantai. 

§  Di Lantai pertama terdapat beberapa koleksi seperti ;
a)      Meriam jugo M-48
b)      Meriam PSU akan bofors
c)      Panil foto pelaksanaan pembangunan Monumen Jogja Kembali
d)     Patung dada panglima besar Jenderal Sudirman dan Letnan Jenderal Oerip Soemoharjo
e)      Patung Teuku Umar
f)       Patung Cut Nyak Dien
g)      Dinding Ruang Serbaguna, dll.

§  Lantai kedua terdapat Ruang Diorama yang menceritakan bagaimana perjuangan Bangsa Indonesia ketika Bangsa Belanda menghianati Perjanjian Reville hingga terjadi peristiwa bersejarah yaitu Serangan Umum 1 Maret. Di bagian luarnya, juga dikelilingi relief yang diukir di sekeliling tembok yang menceritakan hal yang ada hubungannya dengan diorama tadi.

§  Lantai ketiga atau disebut dengan ruang Garbha Graha. Dinamakan Garbha Graha karena lantai ini dibuat khusus untuk mengenang dan mendoakan para Pahlawan yang telah gugur. Di tengah ruangan ini, terdapat tiang bendera dimana bendera merah putih berkibar. Di dinding ruang terdapat pahatan yang berukuran besar dan disekitarnya juga terdapat ukiran dari tulisan Presiden Soeharto.

Di luar bangunan ini terdapat sebuah kolam yang mengelilingi bangunan utama Monjali, dan juga ada sekitar  422 ukiran nama Pahlawan yang gugur dalam clash kedua pada tanggal 19 Desember 1948 – 29 Juni 1949. Selain beberapa ukiran nama Pahlawan, di luar bangunan utama juga terdapat replika Pesawat Cureng yang mana Replika itu merupakan sumbangan dari TNI Angkatan Udara. 

Kesimpulannya, Monumen Jogja Kembali merupakan salah satu Wisata Edukasi, karena disini mereka bisa belajar dan mengingat kembali sejarah perjuangan pada masa lampau. Kebanyakan pengunjung yang datang yaitu kalangan pelajar, karena disini mereka dapat memahami lebih dalam tentang gambaran bagaimana perjuangan Bangsa Indonesia dalam mempertahankan Kemerdekaan melalui diorama dan relief-relief yang menceritakan terjadinya pertempuran antara Rakyat Indonesia melawan para penjajah. 

Jadi, bagi kalian yang ingin berkunjung ke Kota Yogyakarta terutama untuk para pelajar, sempatkanlah untuk mampir ke Monjali ini, karena disini banyak sekali manfaat yang akan kalian dapatkan dari kunjungan ini.

Terima kasih telah mengunjungi web kami, baca juga wisata Taman Sari Yogyakarta. semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. SALAM INDONESIA !!!

Author ; Rp. Yuliana

Kata Kunci ; Wisata Jogja, Wisata Yogyakarta, Wisata Sejarah, Wisata Edukasi, Monumen Jogja Kembali, Monjali, Sejarah Monjali.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Jogja: Monumen Jogja Kembali"

Post a Comment