WISATA GOA KREO KABUPATEN SEMARANG.

WISATA GOA KREO KABUPATEN SEMARANG.

Goa Kreo Semarang yang berada di ibukota Jawa Tengah ini begitu viral di kalangan netizen. Tak heran jika cuaca cerah antrian menuju ke sana begitu mengular. Meski tak ada angkutan umum menuju ke sana tak menghalangi rasa penasaran wisatawan.

Gua ini terbentuk secara alami yang membedakan gua ini dengan gua lainnya adalah letaknya. lokasinya terletak di tengah waduk jatibarang sebuah bendungan yang membendung Sungai Kreo.

Harga Tiket Masuk Goa Kreo Semarang

Tiket masuk ke obyek wisata Goa Kreo termasuk murah. Wisatawan cukup membayar beberapa ribu rupiah saja untuk bisa menikmati keindahan gua ini.

Daya Tarik Wisata Goa Kreo Semarang

Dibukanya gua ini sebagai tempat wisata tentu karena memiliki daya tarik yang unik. Gua yang punya sejarah dan legenda ini selalu ramai di kunjungi.

1.LENGENDA & SEJARAH GOA KREO SEMARANG 

    Prasasti yang menceritakan legenda dan       sejarah Goa Kreo Semarang. Foto: Google                     Maps/Romie Mocka 

Menurut cerita yang beredar di masyarakat gua ini dulunya merupakan petilasan Sunan Kalijaga. Alkisah Sunan Kalijaga sedang dalam perjalanan membawa kayu jati dari Jatibarang ke Demak. Namun beliau selalu kesulitan ketika membawanya melalui jalur darat.

Akhirnya sang sunan melakukan tafakur (bertapa) di gua yang sekarang disebut Kreo ini. Tak berapa lama datanglah gerombolan monyet ekor panjang. Diantara monyet tersebut ada 4 ekor yang warnanya berbeda (merah, putih, kuning, emas).

Uniknya sekawanan monyet ekor panjang ini membantu sang sunan memindahkan kayu. Menurut legenda kayu tersebut akan digunakan membuat tiang Masjid Demak. Setelah berhasil memindahkan kayu Sunan Kalijaga berterima kasih kepada kawanan monyet tersebut.

Tak disangka sekawanan monyet itu terus mengikuti sang sunan. Sang sunan berpesan kepada monyet untuk tinggal di sini saja menjaga kayu jati. “Mangreho” yang berarti jagalah yang akhirnya menjadi nama Goa Kreo.

2.MELEWATI JEMBATAN YANG INDAH

       Jembatan yang memudahkan akses              pengunjung ke area gua. Foto: Google                          Maps/fajar Arifin 

Seperti disinggung sebelumnya gua ini berada di tengah-tengah bendungan. Hal ini membuat pengunjung harus menyeberangi bendungan untuk sampai ke Goa Kreo. Untuk menyeberangi bendungan ada jembatan melintang yang kokoh dan eksotis.

Sebelum melintasi jembatan merah yang kokoh tersebut pengunjung harus menuruni beberapa anak tangga. Tak hanya sebagai penghubung untuk sampai ke goa, jembatan ini memiliki fungsi lain. Apalagi kalau bukan spot foto karena memang keren bisa berfoto di jembatan ini.

3.SUNSET DI KAWASAN GOA KREO SEMARANG.

Menikmati matahari tenggelam (sunset) dari jembatan yang merupakan akses ke area gua. Foto: Google Maps/Kar Nuri 

Menikmati keindahan matahari terbenam dari atas air memang memberi suasana lain. Itulah yang bisa pengunjung rasakan ketika berwisata ke Goa Kreo. Selain sebagai spot foto keren melihat sunset dari jembatan akan memberi kedamaian tersendiri.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WISATA GOA KREO KABUPATEN SEMARANG."

Post a Comment